Panduan blogging untuk siswa

Video

Selamat Datang... Blog ini menjadi saksi, bahwa kita pernah jumpa dalam dunia maya :)

Seputar Blog

A. Sejarah blog
Blog adalah kependekan dari Weblog atau lebih populer disebut dengan blogspot adalah media gratisan untuk berekspresi di dunia maya yang memuat berbagai ekspresi dari iseng sampai berbagi pengetahuan secara serius, bahkan untuk mengeruk dolar dengan cara gratisan. Blogspot menjadi penyedia layanan blog gratisan yang menurut analisa dan perhitungan populasinya menjadi penyedia blog gratisan nomor wahid. Tidak ada salahnya untuk mengulas sedikit tentang sejarah munculnya blog

Blog sebenarnya adalah sebuah sistem publikasi blog yang pada awalnya dibuat oleh Pyra Labs pada tanggal 23 Agustus 1999, kemudian dalam perkembangannya, bulan Februari2003 karena kepopulerannya akhirnya Pyra Labs diakuisisi oleh mesin pencari raksasa yakni google. Google berhasil membawa blogspot booming karena fitur premium yang sebelumnya berbayar berubah menjadi fitur gratisan seperti saat ini.


Bahkan ada beberapa sumber yang menyebutkan bahwa Blog pertama adalah halaman “What’s New” pada browser mosaic yang dibuat oleh Marc Andersen pada tahun 1993. Blogger yang biasanya diisi dengan data yang bersifat pribadi, baik berupa pengetahuan, pengaaman atau foto pribadi bertujuan agar pembaca mengenali pribadi mpunya blog (blogger). Sekarang blog tidak hanya berupa data pribadi tetapi sudah berkembang sebagai media mengeruk keuntungan melalui berdagang on-line, penawaran jasa dan lain sebagainya.

Pada tahun 2004, Google mengenalkan layanan barunya “Picasa”, yang disuguhkan untuk mengkoleksi gedit foto digital, lambat laun kemudian layanan ini diintegrasikan ke layanan blogspot, sehingga memungkinkan para blogger untuk mempostisng foto mereka dalam blog yang dibuatnya. Pada tanggal 9 Mei 2004, Blogspot mendesain ulang tampilan utamanya, berbagai perubahan dilakukan di dalam blogspot diperkaya dengan berbagai fitur seperti template, halaman arsip individu untuk posting, komentar dan posting menggunankan email dan seterusnya.

B. Mengenal domain blogspot
Blog pada blogspot adalah diciptakan oleh Evan Williams sebelum kemudian dijual kepada Google pada tahun 2005 seharga Rp400 milliar. Awalnya bernama Blogger dan kini lebih dikenal sebagai Blogspot. Williams adalah juga pencipta situs pertemanan twitter yang kini lagi ngetren bersama situs sejenis, Facebook.

Pada tanggal 14 Agustus 2006, “Blogger” meluncurkan rilis terbaru dan era berpindahnya pengguna Blogger ke server google disertai dengan tambahan fitur terbaru didalamnya. Secara sempurna Mei 2007, Blogger telah benar-benar berpindah ke server google.

Terlebih dahulu untuk membuat blog membutuhkan email gmail sebagai akun under google caranya cukup mudah seperti yang telah dipraktekkan secara detail. Untuk menciptakan blog di blogger.com caranya cukup simpel. Blog gratisan ini bagian dari subdomain blogspot, sehingga alamat blog atau url selalu baku seperti http://namablog.blogspot.com. Bagi netter pemula blog memang terkenal sangat simpel dan mudah dibuat tampilan sesuai dengan selera. Tinggal pilih template yang di sediakan oleh blogger.com
Share:

1 comment:

Terimakasih mampir di sini... Salam dari MA.SM

Blogroll

Popular Posts

Powered by Blogger.

Mengenai Saya

About

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *